Met Tahun Baru....

Wah ga terasa dah di penghujung tahun saka nich, bagi umat Hindu pasti dah tau khan?? Iya, besok adalah malam pergantian tahun menurut Hindu atau yang lebih di kenal sebagai Nyepi, Tahun baru yang jauh berbeda dari tahun baru lainnya, tahun baru yang penuh damai (sepi dari hiruk pikuk duniawi), mengajarkan kita untuk berintrospeksi diri, merenung untuk menjadi yang lebih baik di tahun depan. Setelah setahun penuh dengan kesibukan duniawi (bahasanya....)

Hari ini sebelum pergantian tahun diadakan pawai ogoh-ogoh (semacam patung bambu berbentuk bhuta/raksasa) sebagai simbolis pengusiran bhuta kala, yang sebelumnya dilaksanakan di rumah masing-masing dengan mengobor-obori seluruh rumah dan pekarangannya serta membuat suara gaduh/bising.

Keesokan harinya, adalah inti dari perayaan Nyepi yang diperingati dengan menjalankan puasa Nyepi yang di kenal dengan Catur Brata penyepian. Yang terdiri dari
amati geni (tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak menghibur diri/bersenang-senang). Brata ini dilakukan sejak sebelum matahari terbit.

sumber gambar : balioutbound.com

Perayaan Nyepi berakhir keesokan harinya (Ngembak Geni) yang dirayakan dengan saling bersilaturahmi ke keluarga besar dan tetangga, saling maaf memaafkan satu sama lain. Dengan suasana baru, kehidupan baru akan dimulai dengan hati putih bersih.

Selamat Tahun Baru Saka 1932 bagi Umat Hindu yang merayakan..


9 comments:

  1. selamat merayakan nyepi ya bli...

    ReplyDelete
  2. selamat nyepi bli... nggak pulang?? keboo ngerayain di klungkung.. hehe

    ReplyDelete
  3. Selamat memperingati hari raya Nyepi bli... :)

    ReplyDelete
  4. @ keboo : met nyepi juga boo.... :) ga dapet cuti, jadi ngerayain di jakarta aja :D
    enak donk kumpul ma kluarga besar...

    @ clara : makasi mba..

    @ ieyaz : makasi..makasi.. :D

    ReplyDelete
  5. met hari raya nyepi ya semua....

    ReplyDelete
  6. wah tlat ne sob hehe... selamat nyepi dech meskipun telat daripada engga hehe..
    sukses sobat!

    ReplyDelete