Air Putih

Artikel diambil dari email seorang sahabat nan jauh di negri koala..


Pentingnya minum air putih
Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah : Otak dan Darah. !!
Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, Sementara darah memiliki Komponen air 95%.

Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas
sehari. Jumlah di atas harus ditambah bila anda seorang perokok.

Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari...?

Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya...?
Dengan jalan "menyedot" air dari komponen tubuh sendiri.Dari otak...?

Belum sampai segitunya (wihh...bayangkan otak kering gimana jadinya...),
melainkan dari sumber terdekat : Darah. !!

Darah yang disedot airnya akan menjadi kental.
Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer.

Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) Ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah.
Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal.

Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan 400.000 rupiah seminggu untuk cuci darah

Eh, tadi saya sudah bicara tentang otak ' kan...?

Nah saat darah kental meng alir lewat otak, perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi "encer", dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen.

Lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya..(ya wajarlah namanya juga kurang makan...)

Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat bila darah mengental... ), maka serangan stroke bisa lebih lekas datang .

Sekarang tinggal anda pilih: melakukan "investasi" dengan minum sedikitnya 8 gelas sehari- atau- "membayar bunga" lewat sakit ginjal atau stroke.

Sudah berapa gelas air putih yang kamu minum hari ini??


23 comments:

  1. about 1,5 L..

    sudahkah anda minum air hari ini???

    ReplyDelete
  2. @ keboo : baru 4 gelas, hmm setara ma 2 liter kali yak... maklum gelasnya gede hihihi..

    ReplyDelete
  3. pokoknya air putih is the best deh... :)

    ReplyDelete
  4. Benar banget sob... air putih berapa harganya? kalau sakit ginjal berapa coba....?
    Artikel yang bermanfaat
    Mari berbagi! :)

    ReplyDelete
  5. air putih mang ga da duanya

    ReplyDelete
  6. uda keboo pasang bli... hohohohoh

    ReplyDelete
  7. air putih emang penting banget ya
    sehari ini...belum minum air putih T^T

    ReplyDelete
  8. kayaknya sudah sering baca info ini.. kwkwkkw.. :)
    Gek jarang minum nich belakangan ini.. (T.T)

    ReplyDelete
  9. paling sedikit 8 gelaz ya..
    padahal aku paling banyak minum cuma 3-4 gelas aja sehari....
    wahh..gawat ney... :(

    ReplyDelete
  10. sereeemmm.. *langsung mo minum air putih banyak2* :D

    ReplyDelete
  11. @ ica : setuju..
    @ I2 : yuk mari :)
    @ AeArc : yoi sob..
    @ keboo : sama boo.. :D
    @ anyin : iya, sama... haus..
    @ clara : hmm... baru 3 gelas.. huff..
    @ gek : yup, namanya juga copas dr email :D
    minum yang banyak gek....
    @ ieyaz : minum lg yuk.. :)
    @ yolizz : ati2 ntar ke toilet mulu :D

    ReplyDelete
  12. wah bener banget tuch sob mesti banyak2 minum air putih untuk menjaga kesehatan, kesehatan sangat mahal harganya..
    sob barnernya saya pasang y, mohon pasang balik hehe...
    sukses sobat!

    ReplyDelete
  13. ada yang mau jadi dokter..hihihihi $.$

    ReplyDelete
  14. @ bunglon : udh di pasang sob.. :D

    @ ordinary : cm sharing koq :p

    ReplyDelete
  15. Saya minum, dua... (yakult, hehe)

    saya malah jarang minum air putih, padahal itu minuman termurah dan tersehat ya.. waduh. benahi diri dari sekarng. :D

    ReplyDelete
  16. @ fauzan : ayo minum yang banyak.. :D
    btw blog'a knp sob??

    ReplyDelete
  17. hm... bermanfaat sob.. thanks ya....

    ReplyDelete
  18. duhhh gitu toh, diambil dri darah yah kirain dri air air dalam timbunan lemak :P klo gitu kan kempis lemak, kurus deh hiiii

    ReplyDelete
  19. Hai...

    apa kabar sahabatku... Semoga hari mu menyenangkan...

    Aku ada award untukmu.... silahkan diambil...

    disini nih : http://moody-ninneta.blogspot.com/2010/03/aku-mengasihimu.html

    sebarkanlah sebanyak yang kaau mau sahabat.....


    aku mengasihimu....


    Ninneta

    ReplyDelete
  20. @ cerpenis : blom minum air putih hr ini :D

    @ eko : sama2 :)

    @ chi : enak donk bisa diet :p

    @ninneta : makasi ya mba... :)

    ReplyDelete
  21. Artikel yang bagus sob....^^
    terus berkarya ya...

    http://www.luth-fi.co.cc

    ReplyDelete