Typus

Penyakit typus adalah penyakit infeksi yang mengenai bagian ujung usus halus. Penyebabnya adalah kuman salmonella typosa. Kuman ini masuk melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi, hidup dan berkembang dalam perut terutama di saluran empedu. Jika terkena penyakit ini, maka badan terasa panas terutama sore dan malam hari yang diikuti perubahan kesadaran berupa ‘meranyau, mengigau’ dan gangguan usus misalnya kembung, diare, muntah atau bahkan tidak bisa buang air besar. Penyakit typus bisa membawa kematian jika usus anak bocor akibat kuman tersebut. Kuman tersebut bisa dibunuh dengan antibiotika, tapi kadang-kadang tidak semua kuman mati terutama yang ada di kandung empedu dan sewaktu waktu kuman tersebut keluar dari kandung empedu ke usus, jika daya tahan tubuh lemah maka typus akan kambuh lagi. Saat ini sudah tersedia imunisasi untuk mencegah penyakit typus

Akhirnya di vonis kena gejala typus, seharusnya hari ini bisa makan enak coz ada yang ulang tahun, seharusnya hari ini bisa latihan futsal ma temen-temen kantor, seharusnya hari ini bisa begadang tuk silaturahmi di dunia maya, tapi ga bisa, karena harus berbaring seharian istirahat. Memang ga enak banget dech klo lagi sakit, semua yang enak-enak ga bisa dinikmati. Arrrggghhhhhh ga seru banget dech, kalo lagi sakit gini baru ngerasain berharganya sehat, mahalnya biaya rumah sakit di negeri tercinta.

Jadi, jaga kesehatan sobat smua yak.....

5 comments:

  1. Lo, bli Gusti sakit toh,
    Aduhhhh! cepet sembuh yaaa! Makanya ikut asuransi ma gek dounk, ga usah mahal2 bayar RS.. hih...

    Udah, deh. sekarang istirahat yang banyak! Biar cepet sembuh. Gek doakan yaa!!!
    Astungkara!

    ReplyDelete
  2. iya nich gek, ini juga dpt asuransi dari kantor koq, klo gag bisa jebol kantong hehe..

    Makasi yak doa'nya... smoga gek juga sehat dsana..
    Astungkara!

    ReplyDelete
  3. Dulu waktu SD saya pernah kena typus 3bl gak masuk sekolah. Rambut sampai rontok, akhirnya dibotakin sekalian. Ternyata sekarang udah ketahuan obatnya cukup makan cacing tanah atau pel yg isinya cacing tanah tadi. Praktis dan manjur.

    ReplyDelete
  4. @ main Excel : yup berkat cacing2 itu jadi cpt sembuh dech... :D

    ReplyDelete